Banyak yang kesulitan aktivasi windows 7 penyebabnya adalah karena loader yang dipakai tidak cocok atau tidak sesuai dengan motherboard yang dipakai sehingga tidak dapat booting setelah aktivasi.
Problem ini muncul karena loader gagal memodifikasi BIOS mobo.
Sebelum lebih jauh saya akan membahas cara kerja loader windows, dampak dan problemnya.

Cara kerja loader

Loader atau yang biasa disebut BIOS Loader adalah sebuah perintah yang ditulisakan pada file boot windows sehingga program ini akan jalan sebelum windows booting.
Perintah yang ada di loader merubah informasi BIOS mobo menjadi OEM version sehingga windows bisa diaktivasi dengan serial key OEM.
Merubah informasi ini mengunakan sebuah peritah yang memanipulasi informasi agar windows membaca sebagai OEM Hardware sedangkan secara default BIOS tidak berubah.
Kelemahan dari cara ini bila perintah yang dituliskan tidak cocok maka akan menyebabkan informasi di BIOS tidak terbaca sehingga windows tidak dapat mengambil informasi dari BIOS dan akhirnya blank atau stop saat booting. Perlu diketahui bahwa saat windows pertama kali bootin maka akan mengambil informasi hardware dari BIOS bila proses ini tidak berhasil maka windows tidak akan booting.
Kelemahan yang kedua adalah mudah sekali untuk microsoft mendeteksi adanya loader ini sehingga dapat dengan mudah “ditambal” oleh microsoft dan sekali ditambal loader tidak akan mempan lagi.

Tips mencegah Loader tidak terblacklist

Agar tidak terblacklist cara paling mudah adalah menonaktifkan windows update. Tapi ternyata kita masih bisa update menggunakan windows update dengan syarat tidak mengupdate windows maliciuos code atau antispyware windows.
Caranya adalah dengan manual update sehingga kita bisa memilih apa saja yang akan diupdate dan hilangkan tanda centang pada opsi tersebut. dengan demikian aman untuk mengupdate windows tapi tentunya sebelum update kita harus pastikan cek list update-nya.

Alternatif aktivasi windows 7

Selain menggunakan loader ada 2 cara lagi yang dapat dilakukan yaitu:

1. Menggunakan BIOS SLic yaitu BIOS Mobo yang sudah dimasukan loader di dalamnya sehingga loadernya menjadi permanen. dengan cara ini microsoft tidak akan bisa menghilangkan loader ini karena berada di BIOS.
Caranya adalah dengan melakukan flashing BIOSÂ Slic yang sesuai dengan BIOS Mobo.
Saat ini sudah cukup banyak BIOS yang dimodfi silahkan googling untuk mendapat BIOS Slic ini. namun cara ini penuh resiko apabila terjadi kegagalan dalam flashing maka mobo tidak dapat booting lagi alias Matot perlu di flash ulang dengan alat khusus atau yang paling gampang di garansikan.
Penyebab kegagalan dari flashing BIOS:

- BIOS tidak cocok

- Gangguan listrik / listrik padam saat flashing

- Kesalahan flashing seperti penggunaan program flashing yang tidak sesuai

cara ini berbahaya namun efektif untuk aktivasi windows 7

2. Cara yang kedua ini adalah cara yang paling mudah yaitu menggunakan key original yang banyak dijual di forum-forum internet. cara cukup mudah hanya tinggal memasukkan key lalu aktivasi online dan kita tidak perlu repot lagi untuk aktivas windows selain itu juga bebas untuk update windows kapan saja.
Tapi lisensi ini khusus untuk home user aja karena tidak ada COA-nya

Enjoy

Similar Threads ::