Ilmuwan menemukan kain katun berwarna biru memberikan perlindungan paling baik terhadap sinar ultraviolet dari sinar matahari. Sedangkan kain katun berwarna kuning memberikan perlindungan paling buruk terhadap sinar ultraviolet.

Dikutip dari GeniusBeauty, Kamis (26/8/2010) ilmuwan dari Polytechnic University of Catalonia(Barcelona) telah menemukan warna apa yang paling baik untuk melindungi tubuh dari sinar ultraviolet, yaitu warna biru.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti melakukan analisis terhadap sifat perlindungan dari tiga warna utama, yaitu merah, biru dan kuning. Penelitian ini menggunakan suatu program software dan kemudian melakukan analisa untuk mengetahui bagaimana kain katun dengan warna tertentu ini bisa menyerap sinar ultraviolet.

Warna kain atau pakaian yang digunakan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan seberapa baik pakaian bisa melindungi tubuh dari radiasi sinar ultraviolet. Hal ini biasanya ditentukan berdasar pada panjang gelombang yang mampu diserap oleh warna tersebut.

Jika kulit terus menerus terpapar sinar ultraviolet dari sinar matahari, maka dalam jangka waktu tertentu bisa menimbulkan efek pada kulit salah satunya adalah kulit terbakar.

Hal ini disebabkan sinar ultraviolet bisa membunuh sel-sel yang berfungsi memproduksi sel kulit baru. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, maka pembuluh darah akan bekerja lebih keras sehingga membuat kulit menjadi memerah.

Untuk itu para ilmuwan merekomendasikan pada masyarakat agar lebih sering menggunakan pakaian yang memiliki warna 'sun proof' yaitu warna biru, terutama jika cuaca sedang panas.
__________________

Similar Threads ::