dalam bahasa indonesia Bakso itu berasal dari bahasa china yang terdiri dari 2 kata

Bak + So

dimana Bak artinya daging babi dan So itu Mie + Sup.
tapi kemudian di indonesia sendiri daging babi itu dirubah menjadi daging sapi tapi tetap menggunakan kata Bak.

bakso atau yang dikenal dengan meatball mempunyai nama dan cara penyajian yang berbeda beda di setiap negara.

* Di Afghanistan, meatballs digunakan sebagai hidangan tradisional dengan sup buatan rumah.

* Albania digoreng meatballs (Qofte të fërguara)

*Dalam Belgia, meatballs dipanggil ballekes atau bouletten di Flandersdan Brussels dan boulettes atau boulets di Wallonia. Mereka biasanyadibuat dengan saus tomat atau saus dan disajikan dengan french fries,kentang croquettes atau steamed potatoes. small meatball seringditambahkan sebagai hiasan untuk sup tomat.

* Dalam Portugal dan Brazil meatballs dipanggil 'almôndegas' dan biasanya digoreng dan disajikan dengan spaghetti.

* Chinese meatballs (secara khusus, suatu hidangan umum di Shanghaimasakan) yang paling sering dibuat dari daging babi dan biasanyasteamed atau direbus, baik apa adanya, atau dengan penambahan kecap.

* Denmark meatballs dikenal sebagai frikadeller dan biasanya digoreng,dan mereka biasanya dibuat dari tanah babi, anak sapi, bawang, telur,garam dan merica, ini dibentuk menjadi bola dan flattened sedikit,sehingga mereka pan siap.

* Di Finlandia meatballs (lihapullat) tanah yang dibuat dengan dagingsapi atau campuran daging sapi dan babi tanah, atau bahkan dengan tanahrusa kutub daging, dicampur dengan breadcrumbs kebasahan dalam susu danbawang dicacah halus. Meatballs biasanya disajikan dengan saus, kentangrebus (atau kentang pure), lingonberry jam, dan kadang-kadang diasamkanketimun.

* Di Jerman, meatballs dipanggil Frikadellen (di Utara, dari Italiafrittatella) atau Fleischpflanzerl atau Fleischküchle jika Anda telahberada di selatan. In Bavaria , Di Bavaria, Fleischpflanzerl biasanyadibuat dari daging sapi muda, sedangkan sebagian besar wilayah Jermanlainnya menggunakan babi. Di Berlin dan berbagai bagian dari JermanTimur, nama "Bulette" adalah umum. Yang paling terkenal adalahmeatballs Jerman Königsberger Klopse yang berisi anchovy atau ikan asindan dimakan dengan saus caper. Sebuah istilah umum untuk meatballsadalah Hackbällchen.

* Di Austria, fried meatballs dipanggil Fleischlaibchen atau Fleischlaberl.

* Dalam Yunani, fried meatballs dipanggil 'keftedes' (κεφτέδες) danbiasanya termasuk dalam campuran bawang dan daun mint. rebusanmeatballs dipanggil 'yuvarlakia' (γιουβαρλάκια).

* Di Bulgaria, meatballs dipanggil 'kyufte' dan biasanya dibuat daricampuran daging sapi dan babi dengan breadcrumbs dan iris bawang. Adabanyak variasi lainnya termasuk berbagai jenis daging cincang dansayuran.

* Di Iran, beberapa jenis meatball yang dikonsumsi. Jika mereka sudahmatang dalam keadaan direbus mereka disebut "kufteh" . Jika digoreng(biasanya meatballs kecil), mereka disebut "kal-e gonjeshki"Kedua jenistersebut dikonsumsi dengan roti atau beras. Biasanya ditambahkansayuran dan dalam kasus kufteh, bakso yang biasanya diisi dengan telurrebus atau buah-buahan kering. Ada beberapa (setidaknya 10) jeniskufteh. Yang paling terkenal adalah "kufteh tabrizi", secaratradisional dari Tabriz di barat laut Iran.

* Di Indonesia, meatballs dipanggil "bakso" yang biasanya disajikandalam mangkuk, seperti sup, dengan mi, (tahu), telur, 'siomay', dan /atau digoreng daging.

* Di Italia, meatballs dikenal sebagai polpette dan biasanya dimakansebagai hidangan utama atau dalam sup. Bahan utama dari Italia baksoadalah: daging sapi dan babi dan kadang-kadang atau kalkun, garam,merica hitam, bawang putih bubuk, minyak zaitun, Romano keju, telur,bubuk roti dan peterseli, dicampur dan dibentuk menjadi sebesar bolagolf. Dalam Abruzzo Daerah di Italia, khususnya di Provinsi Teramomeatballs yang biasanya ukuran kelereng dan dipanggil polpettine.

* Di Norwegia, meatballs dipanggil kjøttkaker ( "daging cakes") dan menyerupai frikadeller Denmark.

* Di Filipina, meatballs dipanggil almondigas atau bola-bola danbiasanya disajikan dalam sup vermicelli disebut dengan padi misua,dicampur bawang putih, labu dan babi cincang.

* Dalam Polandia mereka dipanggil "pulpety" atau "pulpeciki" danbiasanya disajikan matang dan dicampur dalam berbagai sauces (sepertitomat atau jenis saus yang dikentalkan menggunakan tepung dan jamur.)dengan kentang, beras atau segala jenis "Kasha" (sejenis bubur yangpopuler di negara-negara Slavia)."Pulpety" biasanya dibuat dari tanahberbumbu daging dengan bawang merah dan dicampur dengan telur dantepung terigu atau remah roti yang dicampur air. "pulpety" yangdigoreng lebih besar dari yang biasa dimasak.

*Di Swedia köttbullar (meatballs) yang dibuat dengan daging sapiatau campuran daging sapi dan babi dicampur dengan remah roti yangdicampur susu dan bawang dicacah halus. Mereka yang mencampurkan denganlada putih atau rempah2 dan garam. Swedia meatballs biasanya disajikandengan saus, kentang rebus, dan kadang2 dengan acaar

* Di Belanda, meatball dikenal dengan nama 'gehaktbal' ( "chopped(merujuk kepada daging) bola") dan biasanya disajikan dengan kentangrebus dan sayuran.Kombinasi ini telah hidangan yang paling umum diBelanda rumah tangga sepanjang sejarah.

* di Turki masakan ini memiliki lebih dari 80 jenis meatballs (köfte),

* \Di Hungaria, serta dari wilayah negara-negara tetangga Hungariameatball dikenal dengan nama 'Fasirt' atau 'Fasirozott' (atau sheertfuh-fuh-Shee-roh-zoh-t) mungkin berasal dari Austria Jerman 'faschierteLaibchen '.

* Di Amerika Serikat meatballs biasanya disajikan dengan spaghetti. diAmerika dalam pembuatannya mereka biasanya dibuat lebih besar daripadameatball di Italia. di Italia, meatballs biasanya sajikan bukan sajadengan pasta, dan gagasan mereka makan bersama di piring yang sama.

Meatball juga ditemukan dalam kumpulan resep Apicius yang katanya merupakan kumpulan resep masakan roma dari akhir abad ke 4 atau awalabad ke 5.

Di indonesia sendiri, bakso sudah banyak macamnya

Similar Threads ::