MELIHAT ATSMOFIR UNTUK MENENTUKAN SPOT MEMANCING


ilmu duga atau mengetahui beberapa indikator tentang keadaan perairan laut yang lebih mudah dan bersahabat untuk memancing, gampangnya inilah beberapa faktor cuaca yang mendukung suksesnya mancing di laut. Diantaranya :

bulan
bulan penuh atau bulann purnama membuat senar, kili-kili dan sling akan tampak berkilau sehingga ikan-ikan tidak tertarik untuk memangsa umpan. memancing ikan yang asyik sebaiknya memang sebaiknya saat matahari terutama saat bulan mati, sebaliknya bulan purnama atau bulan penuh cocok untuk digunakan mencari ikan sotong atau cumi-cumi.

angin dan ombak
angin yang bertiup keras akan menyebabkan ombak dipermukaan lebih bergelombang, gelombang yang terlalu besar atau sering sehingga ikan lebih suka untuk diam atau berlindung daripada mencari makan.

arus sorong
arus sorong atau arus yang berada dibawah permukaan air bila tidak terlau kencang akan menyebabkan ikan lebih banyak bergerak dan lebih suka untuk mencari mangsa, konon arus ini juga membawa lebih banyak plankton bagi ikan pada rantai makanan pertama.

waktu memancing
saat matahari terik, banyak ikan predator yang lebih suka untuk berlindung diperairan yang lebih adem, sebaliknya saat sore hari banyak ikan yang lebih kelaparan dan agresif dalam mencari makan, namun untuk ikan diurnal lebih suka untuk makan di pagi hari.

cuaca
saat mendung atau gerimis banyak ikan predator yang agresif, namun tidak saat hujan lebat terutama bila anda memancing dekat muara sungai yang banjir, karena air dari sungai yang menurunkan kadar salinitas dan kadang membawa larutan-larutan yang secara kimia sulit untuk diterima ikan.

kejernihan air laut
lebih baik memancing saat air laut jernih daripada saat air laut tampak keruh.

ada satu trik untuk memastikan apakah hari ini layak untuk dilalui dilaut yaitu:

1. naik ke dataran yang tinggi, baik itu tebing atau bukit didekat laut, bila permukaan laut terlihat putih, hal itu berarti angin bertiup kencang yang membuat ombak selalu beriak

2. untuk memastikan apakah arus cukup kencang cukup dengan melihat garis-garis tebal yang kelihatan dipermukaan air laut, garis yang tebal menunjukan arus sorong yang kuat.

akhirnya :
bila keadaan tidak memungkinkan, maka pertimbangkan untuk tidak memaksakan keberuntungan anda. Jangan pertaruhkan nyawa anda demi kesenangan/hobi

semoga bisa membantu temen-temen dalam memancing

Similar Threads ::