Mobil Berbahan Bakar Udara

Para perancangnya memberi nama mobil berkapasitas lima tempat duduk ini, OneCAT. Body mobil dibangun dari fiber glass yang menjadikan mobil ini hanya memiliki barat kosong 350 kg. Dengan biaya rancang bangun yang tidak lebih dari 2.500 poundsterling.

Yang membedakan dengan mobil ramah lingkungan lainnya adalah mobil ini tidak digerakkan batteray. Melinkan udara bertekanan. Udara bertekanan dari mesin kompresor disimpan dalam sebuah tangki fiber carbon yang menyatu dengan chasis.

Para perancang mengungkapkan untuk mengisi penuh tangki udara itu hanya dibutuhkan watu tidak kurang dari tiga menit. Lebih cepat dibandingkan dengan mengisi batteray mobil quick charge sekali pun. Volume udara dalam tangki mampu menjalankan kendaraan hingga empat jam.

Untuk menempuh perjalanan jauh, mobil ini dilengkapi dengan booster berupa fuel burner yang akan membakar atau meledakkan udara. Ledakan ini akan mendorong pistons air bertekanan yang menggerakkan pistons. Fuel burner mempu bekerja baik dengan semua jenis minyak bakar.

"Untuk berjalan di kota cukup digerakan udara bertekanan. Para pembeli mobil ini adalah mereka yang sangat penduli lingkungan,'' kata Gyu Negre, sanga penemu berkebangsaan Prencis.

Similar Threads ::