Monitor LCD merupakan komponen pada notebook yang rentan terhadap kerusakan. Misalnya saja ketika tanpa disengaja monitor LCD pada komputer tergores saat kita mencoba membersihkanya atau tergores karena disebabkan hal lainya. Oleh sebab itu, layar notebook atau layar LCD memang membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih. Sebagai info, bahwa sekitar 50% dari harga notebook merupakan harga dari layar LCD tersebut.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah kerusakan pada komponen monitor LCD notebook:

1. Gunakan penutup anti debu dari plastik atau simpan dalam tas notebook. Dan ingat, selalu tutup notebook Anda jika tidak digunakan.
2. Hindari untuk menyentuh layar LCD notebook Anda dengan benda-benda berpermukaan kasar.
3. Jangan memberikan tekanan yang berlebih saat menutup notebook, apalagi dengan paksaan. Perhatikan kembali dengan benar engsel dan penutup notebook Anda, jika Anda mengalami masalah saat menutup notebook.
4. Bahkan, selembar kertas yang terjepit diantara layar dan keyboard bisa menyebabkan kerusakan pada layar LCD. Maka perlu perhatikan saat Anda akan menutup notebook.
5. Jangan meletakkan benda-benda berat di atas notebook yang tertutup. Sering dijumpai, buku tebal yang berapa diatas notebook, masalah sepele ini juga perlu diperhatikan.

Membersihkan LCD

1. Pergunakan sikat lembut yang memang dirancang untuk membersihkan layar LCD dari debu.
2. Gunakan kain lembut atau tisu yang dibasahi dengan cairan pembersih. Ingat! Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung amoniak atau alkohol. Semprotkan cairan pembersih pada kain dan usap layar perlahan-lahan saat membersihkan.
3. Jangan gunakan cairan pembersih plastik atau glass cleaner sembarangan karena bisa merusak lapisan pelindung yang berfungsi mencegah sinar memantul.
4. Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar notebook, karena cairan tersebut dapat meleleh ke bawah dan bisa merusak rangkaian elektronik pada notebook Anda.
5. Cairan pembersih untuk layar notebook disarankan menggunakan jenis pembersih yang sama dengan yang digunakan untuk layar kamera digital. Cairan ini biasanya bisa didapatkan di toko penjual perlengkapan kamera.
6. Kalau tidak ada cairan pembersih khusus tersebut, sebaiknya menggunakan air yang dicampur sedikit sabun mandi.

Similar Threads ::